TEORI BELAJAR SOSIAL DAN HUMANISTIK

IMG20151111072340
Teori dan sosial dan humanistik sebagaimana yang telah dijelaskan oleh tokoh-tokoh menitik beratkan pada proses pembelajaran yang mengutamakan pada nilai kemanusiaan dan interaksi sosial di dalam kelas. Pendekatan ini sangat cocok dengan strategi pembelajaraan kooperatif yang sekarang ini sedang menjadi trend di dalam pembelajaran di semua sekolah terlebih lagi dengan metode scientifik di dalam kurikulum 2013.
Dewey memaparkan bahwa kelas seharusnya bisa menjadi cermin masyarakat yang lebih besar dan berfungsi sebagai laboratorium untuk belajar tentang kehidupan nyata. Begitu juga H. Thelan satu pandangan dengan J. Dewey bahwa kelas seharusnya bisa menjadi laboratorium kehidupan, namun Thelen membagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil. Sedikit berbeda dengan Allport yang menekankan pada karakter kepribadian siswa dalam belajar di kelas. Sedangkan Kurt Lewin menyatakan bahwa kelompok haruslah merupakan sebuah gestalt, yaitu sebuah konfigurasi yang mempunyai sebuah sistem kesatuan yang tidak dapat dipahami jika hanya merupakan satuan. Perilaku kelompok dapat dilihat dari interaksi karakter personal dan interaksi faktor-faktor lingkungan.
Penerapan teori belajar sosial dan humanistik memang tidak setenar pembicaarannya seperti teori kognitif dan behavioristik, namun dalam pelaksanaannya di dalam pembelajaran teori sosial dan humanistik ini sangat kental dan cenderung terlihat. Hal ini dikarenakan pembelajaran-pembelajaran saat ini lebih banyak mengedepankan pada aktivitas siswa dan juga interaksi sosial di dalam kelompok-kelompok kecil di kelas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s